Monday, September 5, 2011

Membuat Multiboot Sistem Operasi Menggunakan USB Flashdisk

Multiboot pada komputer yang tersimpan di harddisk sudah biasa. Bagaimana jika multiboot tersebut tersimpan pada sebuah flashdisk yang tentunya bisa dibawa kemana-mana. Hal tersebut sudah bisa dibuat dengan menggunakan tool yang bisa anda download diinternet. Aplikasi ini bisa digunakan untuk membuat multiboot dengan sistem operasi Linux. Untuk tahap awal Siapkan saja USB yang memiliki kapasitas besar lalu siapkan beberapa iso linux selanjutnya install aplikasi ajaib bernama MultiSystem.

Multisistem adalah sebuah tool luar biasa yang diciptakan oleh LiveUSB, yang bekerja sama dengan pencipta Windows MultiBootISOs USB, tetapi diciptakan untuk dapat dipergunakan dalam Linux. Tool ini juga menggunakan grub2 bukan Grub Legacy, kali ini Multisystem akan dijalankan dari dalam Ubuntu Linux untuk membuat Custom Multiboot UFD berisi Bootable Distribusi Linux Live .

Berikut caranya :
  1. Download Multisystem dengan Klik Disini atau Klik Dari Sini
    Catatan : Untuk anda yang download file : Copy of install-depot-multisystemshtarbz2.zip ubah/ rename dulu file menjadi :  install-depot-multisystem.sh.tar.bz2
  2. Extrak lalu jalankan file installer :
    install-depot-multisystem.sh
  3. Untuk mulai menggunakannya masukkan USB drive lalu jalankan Applications > Accessories > MultiBoot. Lalu pilih USB Device dari list dan klik  Validate.
  4. Sekarang hanya Drag dan Drop ISO ke jendela untuk menambahkan Distribusi Linux (ulangi proses untuk menambahkan ISO yang lainnya).
Semoga Bermanfaat,…

0 komentar:

Post a Comment

Jadilah Pengunjung yang Baik dengan Berkomentar di Kolom ini, agar Admin tambah semangat dan bisa lebih kreatif dalam membangun blog ini, terima kasih.